Saturday, December 27, 2008

Mengatasi Mual pada Ibu Hamil

Kendala yang kerap dihadapai ibu hamil adalah rasa mual. Setiap ibu pun mengalami jadwal mual yang berbeda-beda, ada yang hanya dipagi hari, hanya dimalam hari bahkan ada yang merasa mual sepanjang hari. Dan yang paling mengganggu adalah rasa mual yang terjadi di trimester pertama. Jadi bagaimana mengatasi mual tersebut, simak beberapa tips berikut ini:

  1. Rasa mual pada bunda hamil, biasanya terjadi dipagi hari ketika kadar gula rendah.oleh karena itu makanlah roti atau biskuit sebelum mengangkat kepala dari bantal untuk menaikkan kadar gula dalam darah.
  2. Saat sedang sikat gigi, jangan menggunakan pasta gigi terlalu banyak. Bila perlu, gunakan pasta gigi yang memiliki rasa mint. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat jangan menggunakan air dingin.
  3. Mengonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi seperti kentang atau kue-kue yang terbuat dari terigu dalam jumlah sedikit namun sering.
  4. Kurangi makanan berlemak dan susu murni, keju keras, dan telur dalam diet.
  5. Kunyalah biskuit kering di antara waktu makan agar lambung tidak kosong. Sesekali cobalah hisap permen jahe untuk mengurangi rasa mual.
  6. Makanlah hanya makanan yang dapat masuk tanpa harus keluar lagi (muntah) kemudian tambahkan menu lainnya secarta perlahan.
  7. Hindari ruang yang sesak, panas dan bau-bauan yang menyengat.
  8. Saat menjelang tidur, makanlah makanan kecil yang ringan.
  9. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat antimual yang aman dikonsumsi.

Semoga membantu dan selamat menantikan kelahiran baby tercinta.

No comments:

Post a Comment